Modul 2.3 Mulai Dari Diri Coaching untuk Supervisi Akademik

 Modul 2.3 

Mulai Dari Diri 

Coaching untuk Supervisi Akademik

Pertanyaan-pertanyaan reflektif sesi mulai dari diri

1.       Selama menjadi guru, tentunya pembelajaran Anda pernah diobservasi atau disupervisi oleh Kepala Sekolah Anda. Bagaimana perasaan Anda ketika diobservasi?

Perasaan saya saat diobservasi oleh Kepala Sekolah  saya merasa gugup dan rasa khawatir. Akan tetapi, sebagai seorang guru yang sedang belajar meningkatkan kompetensi sebagai guru, saya berusaha menampilkan kemapumpuan semaksimal mungkin. Saya selalu menerima masukan dari Kepala Sekolah karena saya yakin umpan balik tersebut dapat membuat saya menjadi lebih baik lagi.

2.         Ceritakan pengalaman Anda saat observasi dan pasca kegiatan observasi tersebut.

Pengalaman saya Ketika diobservasi, oleh Kepala Sekolah, waktu itu  saya disupervisi secara mendadak oleh Kepala Sekolah tanpa memberi tahu terlebih dahulu bahwa saya akan disupervisi pada hari itu. Sebagai seorang guru saya harus siap walaupun rasa gugup dan canggung tapi saya tetap berusaha menampilkan yang terbaik pada saat disupervisi. Setelah Supervisi selesai dilakukan, Kepala Sekolah dan Saya mengadakan Refleksi dan memberikan upan balik, saran atas kegiatan pembelajaran yang sudah saya lakukan di kelas. Ada apresiasi dari Kepala Sekolah, akan tetapi ada juga masukan dan saran yang positif. Masukan dan saran tersebut saya jadikan evaluasi diri sehingga saya dapat memperbaiki kekurangan-kekurangan saya dan lebih meningkatkan kemampuan serta kompetensi saya sebagai guru. Supervisi tersebut terjadi pada Bulan Maret tahun 2023 menjelang kegiatan Akreditasi Sekolah.

3.   Menurut Anda, bagaimanakah proses supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu diri Anda berkembang sebagai seorang pendidik?      

Menurut saya, proses supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu saya lebih berkembang sebagai seorang pendidik adalah sebagai berikut :

a)            Memberitahu sebelum akan mengadakan Supervisi.

b)    Supervisor yang akan melakukan supervisi sebaiknya memberikan poin-poin penilaian yang akan dilakukan.

c)             Proses supervisi harus dilakukan secara teratur dan terjadwal, sehingga seorang pendidik akan selalu mempersiapkan diri dengan baik dan perbaikan akan terus terjadi.

d)             Proses supervisi harus dilakukan dengan tujuan yang jelas

e)            Proses supervisi harus mengutamakan umpan balik yang konstruktif dan positif.

Pendidik harus diberi umpan balik yang jelas dan spesifik mengenai kekuatan dan kelemahan dalam pengajaran, serta diberikan saran dan rekomendasi yang dapat membantu meningkatkan kemampuan mengajar.

f)              Memberikan kesempatan kepada pendidik untuk berpartisipasi aktif dalam proses supervisi. Pendidik dapat mengajukan pertanyaan, memberikan masukan dan saran, serta berdiskusi mengenai upaya perbaikan dan pengembangan.

 

4.        Menurut Anda, jika Anda saat ini menjadi seorang kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi, dimana posisi Anda sehubungan dengan gambaran ideal di atas dari skala 1 s/d 10? Situasi belum ideal 1 dan situasi ideal 10.

Jika saat ini saya menjadi seorang Kepala Sekolah yang perlu melakukan supervisi, posisi saya sehubungan dengan gambaran ideal maka saya berada pada posisi di angka 7. Karena sebelumnya saya belum mempunyai pengalaman dalam memberikan supervisi kepada yang lain hanya mempunyai pengalaman ketika diobservasi saja. Serta pengetahuan mengenai hal-hal berkaitan dengan supervise masih kurang banyak, sehingga saya harus terus belajar.

5.         Aspek apa saja yang Anda butuhkan untuk dapat mencapai situasi ideal itu?

Aspek yang saya butuhkan adalah kompetensi teknis dan pedagogik, Kemampuan observasi yang baik, Kemampuan memberikan umpan balik yang efektif, kemampuan analisis dan evaluasi proses pembelajaran yang berlangsung, kemampuan mendengarkan dan keterbukaan, kemampuan berkomunikasi yang efektif, kemampuan memotivasi dan memberikan dukungan dengan baik kepada guru, serta kemampuan coaching yang baik.

 

Setelah Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan reflektif, tuliskan harapan Anda terkait modul ini :

1.      Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?

Harapan saya setelah mempelajari modul 2.3 ini, saya mampu memahami seluruh materi dan dapat mengikuti serangkaian kegiatan dengan baik sehingga kompetensi saya semakin berkembang. Sebagai seorang pemimpin pembelajaran, saya juga ingin berlatih menerapkan kegiatan coaching dalam praktik baik di lingkungan sekolah. Menjadikan diri saya bernilai dan peran sebagai pemimpin pembelajaran yang dapat mewujudkan visi sekolah selaras dengan Profil Pelajar Pancasila dengan menciptakan lingkungan belajar yang berkualitas dapat berkolaborasi dengan sesama guru dan warga sekolah, saling membantu memperbaiki kekurangan dan saling membagikan pemahaman dan pengalaman positif.

 

2.       Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

a)             Kegiatan:

1)            Coaching/mentoring, yaitu kegiatan yang memfasilitasi guru dalam mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan saya dalam mengajar, serta membantu saya dalam merencanakan upaya perbaikan.

2)         Diskusi dan refleksi, yaitu kegiatan yang memungkinkan saya untuk berdiskusi dengan supervisor atau mentor mengenai pengalaman mengajar, serta merefleksikan pengalaman saya  untuk meningkatkan kemampuan mengajar.

3)            Observasi dan umpan balik,

b)             Materi:

Menjelaskan tentang prinsip coaching dan teknik coaching supervisi akademik.

c)             Manfaat :

Manfaat yang saya harapkan setelah mempelajari modul ini adalah saya dapat meningkatkan kompetensi saya sebagai seorang pendidik.

Komentar

Postingan Populer