Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid
Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid
Oleh
AHMAD ZAKARIA
Refleksi dwi mingguan kali ini saya akan
menuliskan jurnal dengan model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future). Model
ini dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. Ada empat bagian yang akan saya
tuliskan dalam refleksi ini.
1.
Fact (Peristiwa)
Modul 3.3 merupakan modul pamungkas yang harus dipelajari dalam rangkaian pelatihan guru penggerak ini. Sama seperti modul sebelumnya, kegiatan pembelajaran pada materi modul 3.3 ini juga dilakukan dalam waktu dua minggu. Dalam modul ini, saya mempelajari materi tentang menyusun sebuah program yang berdampak positif pada murid, cara menumbuhkan student agency (kepemimpinan murid) dengan suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership) murid, lingkungan yang mendukung tumbuh kembang kepemimpinan murid, serta pentingnya melibatkan komunitas untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid. Secara umum, saya dapat memahami dan mengimplementasikan materi yang saya pelajari dalam modul ini dengan baik. Meskipun ada beberapa materi masih belum saya kuasai terutama tentang lingkungan yang mendukung tumbuh kembang murid. Namun, saat ruang kolaborasi, kegalauan saya ini terjawab setelah saya berdiskusi dengan rekan-rekan CGP dan fasilitator. Saat sesi ruang kolaborasi, kami diminta untuk membuat sebuah program yang berdampak pada murid. Program yang direncanakan ini juga melihat aset yang dimiliki oleh sekolah serta mampu menumbuhkan kepemimpinan murid dengan melibatkan suara, pilihan, dan kepemilikian. Saat masuk alur demonstrasi kontekstual kami diminta untuk membuat sebuah program secara individu. Program ini nantinya yang akan dipraktikkan dalam aksi nyata di akhir modul 3.3.
Ada beberapa
hambatan yang saya alami dalam mempelajari modul ini antara lain, saya masih
bingung untuk memahami beberapa materi secara individu. Namun setelah
mendapatkan penguatan dari fasilitator dan instruktur, saya dapat memahami
materi tersebut dengan baik. Selain itu, saya juga berdiskusi dengan
rekan-rekan CGP yang ada Gugus saya untuk memperkuat pengetahuan saya
mengenai materi di modul 3.3 ini.
2. Feelings (Perasaan)
Saya merasa senang ketika mengikuti pembelajaran dalam modul ini. Selain materinya yang sangat menarik dan menantang, modul ini juga merupakan modul terakhir yang harus saya pelajari. Artinya, saya harus bersiap untuk mengimplementasikannya di kelas atau di Sekolah saya. Selain itu, saya juga merasa senang karena banyak ilmu-ilmu dan pengetahuan baru yang saya peroleh selama mengikuti kegiatan PGP ini.
Saya juga merasa
bahagia ketika pertanyaan-pertanyaan yang muncul dibenak saya saat saya
merefeksikan pada bagian mulai dari diri dapat terjawab dengan baik. Ada
hal menarik yang terjadi pada pembelajaran di modul ini.
3. Findings (Pembelajaran)
Pembelajaran
yang saya dapatkan setelah mempelajari modul ini sebagai berikut.
Sebelum menyusun sebuah program sebaiknya kita melihat aset/kekuatan yang dimiliki oleh sekolah.
Pentingnya melibatkan murid sebagai mitra dalam penyusunan, pelaksanaan, dan evaluasi program.
Murid dapat
dilibatkan dengan memberikan kesempatan mereka untuk berpendapat (suara) dan
menentukan pilihannya sehingga mereka akan merasa memiliki dan merasakan
manfaat dari program yang akan dikembangkan.
Pentingnya
menciptakan lingkungan yang positif dalam menumbuhkan student agency.
Pentingnya
dukungan dari semua pihak/komunitas dalam menumbuhkan kepemimpinan murid.
Prakarsa
perubahan yang akan dilakukan dapat menggunakan Tahapan BAGJA dengan
menambahkan unsur suara, pilihan, dan kepemilikan murid.
Belajar hal baru
tentunya akan menambah pengetahuan baru pula bagi kita. Dalam proses
pembelajaran modul ini, tentunya saya juga memperoleh pengetahuan dan
pengalaman baru. Pengalaman saya dalam merancang sebuah program yang melibatkan
murid dan mengimplementasikannya dengan tahapan BAGJA merupakan hal baru bagi
saya. Tentunya pengalaman ini tidak akan saya dapatkan jika saya tidak
mengikuti kegiatan pelatihan PGP ini. Dari hal inilah saya akhirnya menyadari
bahwa saya ternyata mampu untuk melewati tantangan dalam menyusun sebuah
program yang berdampak pada murid.
Setelah saya
mempelajari modul ini dengan baik, tentunya saya ingin melaksanakan program
yang telah saya rancang dengan murid tersebut. Harapannya program ini dapat
menumbuhkan kepemimpinan murid dan mewujudkan karakter profil pelajar
pancasila. Selain itu, saya juga akan menyebarkan pengetahuan dan pengalaman
saya dalam menyusun program yang berdampak positif pada murid ini pada
rekan-rekan sejawat.
Demikian jurnal
refleksi modul 3.3, semoga bermanfaat.
Komentar
Posting Komentar